08 Juli 2009

Diet Dengan Dark Chocolate

Rasa manis memang digemari banyak orang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Amerika Serikat, tingkat kegemaran yang tinggi terhadap rasa manis ternyata berbahaya bagi kesehatan seseorang.

Banyak orang yang menggunakan makanan manis untuk memperbaiki suasana hati mereka. Memang… seseorang yang sangat menyukai rasa manis cenderung mengalami peningkatan kondisi hati atau mood pada saat mengkonsumsi makanan tersebut. Mereka menjadi lebih bahagia dan merasa lebih tenang. Hal inilah yang menyebabkan mereka semakin banyak mengkonsumsi makanan manis.

Namun, bukan berarti semua orang merasa lebih baik setelah mengkonsumsi makanan manis. Seperti halnya manusia yang beraneka ragam, pengaruh rasa manis terhadap masing-masing orangpun berbeda-beda. Rasa manis mempengaruhi seseorang dengan mekanisme yang berhubungan dengan factor genetic dan masing-masing orang memiliki factor genetic yang berbeda-beda. Salah satu gen yang berhubungan dengan hal ini adalah TAS2R38, yang terutama dimiliki oleh anak-anak. Makanan manis biasanya mengandung glukosa dengan jumlah yang tinggi.

Masuknya glukosa di dalam jumlah yang tinggi (lebih besar daripada kalori yang dikeluarkan) akan menyebabkan glukosa yang tidak digunakan sebagai sumber energy tersimpan sebagai lemak di dalam sel. Penumpukan lemak inilah yang menyebabkan kelebihan berat badan atau obesitas. Selain menganggu penampilan, obesitas akan menjadi masalah bagi kesehatan anda. Ingatlah bahwa obesitas berkaitan erat dengan berbagai jenis penyakit, diantarannya diabetes dan penyakit kardiovaskular. Oleh karena itu, berhati-hatilah mengkonsumsi makanan yang manis agar tidak berakhir petaka bagi kesehatan.

Apabila anda sangat menyukai cokelat dengan rasa manis dan masih ingin terus mengkonsumsinya, mulai sekarang biasakan diri anda dengan rasa pahit dengan mencampur cokelat manis dengan cokelat semisweet sedikit demi sedikit. Bila anda sudah terbiasa dengan rasa agak pahit, gantilah cokelat anda dengan semisweet atau bittersweet, agar tidak menyebabkan kegemukan. Anda juga bisa memilih produk cokelat yang lebih sehat, misalnya diberi pemanis rendah kalori alami atau tanpa pemanis buatan.

1 komentar: