08 Juli 2009

Cerdik memilih cokelat

Apakah anda penyuka cokelat? Lebih baik anda mengkonsumsi cokelat hitam (dark chocolate) dibandingkan dengan cokelat putih. Cokelat hitam banyak mengandung antioksidan. Cokelat yang banyak dijual di pasaran umumnya enak, manis, dan creamy, sedangkan dark chocolate cita rasanya lebih tajam, dan merupakan seni tersendiri dalam menikmatinya.


Seberapa banyak cokelat yang boleh dimakan dan jenis apa yang terbaik?

Satu ons dark chocolate (cokelat hitam) setiap hari atau 7 ons per minggu menyediakan antioksidan yang dibutuhkan tubuh. Dark chocolate yang dikenal sebagai cokelat “bittersweet atau semisweet” adalah yang terbaik. Cokelat ini mengandung persentase cocoa yang lebih tinggi dengan sedikit atau tanpa gula. Semakin gelap cokelatnya, semakin banyak flavonoid yang tersedia. Jadi…. Milk chocolate bukanlah sumber antioksidan melainkan hanya permen dan tidak memberikan kandungan nutrisi yang baik untuk anda.

Fakta sehat dalam cokelat yang tak kalah pentingnya adalah kandungan flavonoid dalam 1.5 ons cokelat hitam yang mengandung 800 mg antioksidan. Sebagai mana diketahui, antioksidan adalah zat penuaan yang sigap menghadang penyakit degenerative seperti jantung, tekanan darah tinggi, kanker, diabetes, dll.


Bolehkah mengganti buah dan sayur dengan dark chocolate?

Tidak boleh… buah dan sayur juga mengandung antioksidan alami dan rendah kaori. Sajian dark cokelat 100 gram mengandung 531 kalori. Buah dan sayur mengandung flavonoid yang lebih banyak dibandingkan cokelat, dan juga mengandung vitamin serta mineral yang penting yang tidak dimiliki cokelat.

Jadi… bila anda termasuk kalangan tabu cokelat, apakah anda masih memilih untuk melewatkan manfaat cokelat ini? Tentu akan rugi sekali jika melewatkannya. Jadi solusinya mudah saja, makanlah cokelat tetapi dengan memilih dark chocolate, dalam takaran wajar agar tetap canti, awet muda, dan terhindar dari berbagai penyakit……

2 komentar: